"> Tips Untuk Ekspansi Bisnis dari Berjualan Online ke Toko Ritel – Pesona Design

Tips Untuk Ekspansi Bisnis dari Berjualan Online ke Toko Ritel

Jika Anda pikir memperluas pasar hanya berlaku pada bisnis offline yang melakukan promosi ke online, tentu itu tidak sepenuhnya benar. Bagi Anda pemilik bisnis yang baru menyasar pasar online, melakukan ekspansi bisnis dengan membuat toko offline juga menjadi salah satu usaha untuk memperluas pasar.

Hal ini karena, dalam menjalankan bisnis sampai sekarang, pasar yang terjaring pada bisnis Anda hanyalah mereka yang aktif di dunia digital. Sedangkan pasar yang mereka tidak berada di dunia digital tentu menjadi sasaran empuk bagi kompetitor Anda. Untuk itu, Anda perlu menyusun strategi jitu agar dapat eksis di ke dua pasar, yaitu online dan offline.

Berikut beberapa tips yang Pesona Design berikan untuk Anda.

1. Tunjukkan Keunikan Produk

Tonjolkan keunikan dari produk yang Anda miliki sehingga menciptakan kesan tersendiri bagi pasar. Keunikan ini juga yang akan membuat pasar selalu mencari produk Anda jika menginginkan barang sejenis.

Misalnya, dengan membuat desain kemasan produk yang unik atau inovasi lain seperti inovasi rasa pada produk kuliner, inovasi pola dan warna pada produk fashion, dan sebagainya.

2. Cari Toko Retail untuk Kerja Sama

Jika Anda merasa belum mampu untuk membangun sendiri toko retail Anda, Anda dapat memulainya dengan melakukan kerja sama dengan toko retail yang sudah ada. Bawa sample produk Anda kepada pemilik toko dan jelaskan apa saja keunikan dari produk Anda.

Jangan lupa, Anda juga harus meyakinkan pemilik toko bahwa produk yang Anda tawarkan ini akan mendatangkan keuntungan baginya.

3. Ikut Bazaar dan Pameran

Selain itu, mengikuti bazaar atau pameran juga bisa jadi strategi jitu untuk Anda yang masih belum bisa membuka toko retail. Anda dapat mengenalkan produk milik Anda secara offline pada pengunjung yang mungkin selama ini belum pernah mengetahui produk Anda sebelumnya.

Tak hanya pengunjung, Anda juga dapat menjalin kerja sama dengan sesama penjual di sana. Jadi, sekali mendanyung, dua, tiga pulau terlampaui.

4. Lakukan Promosi dengan Intens

Jika Anda pikir setelah melakukan ekspansi dengan membuka toko retail tugas Anda selesai, tentu tidak. Justru hal yang sebelumnya Anda lakukan pada toko online Anda harus juga Anda lakukan untuk toko offline Anda.

Tak hanya toko online Anda, sekarang Anda juga harus mempromosikan serta merancang strategi marketing lain untuk toko offline milik Anda tersebut.

Kenalkan toko offline Anda dengan memanfaatkan akun sosial media dan website yang Anda miliki dengan intens. Beri juga konsumen, baik yang telah menjadi pelanggan toko Anda maupun belum, informasi bahwa produk Anda dapat ditemukan secara offline di toko retail milik Anda.

Karena pada dasarnya Anda toko Anda berbasis online, dan memanfaatkan offline sebagai strategi untuk ekspansi dan memperluas pasar.

Nah, kira-kira itulah beberapa tips yang Pesona Design berikan untuk Anda yang ingin melakukan ekspansi bisnis online Anda. Selamat mencoba!

Related Blogs